Tuesday, August 25, 2015

Pelangi berbentuk sayap burung bikin geger dunia

Pelangi yang biasanya kita lihat biasanya berbentuk lengkungan setengah lingkaran dan berlangsung sebentar. Namun dunia baru-baru ini digegerkan dengan munculnya pelangi dengan bentuk mirip sayap burung. Anehnya lagi pelangi ini bisa dilihat dalam waktu yang cukup lama yakni lebih dari satu jam. Fenomena apakah ini?


Dilansir dari dailymail, Jumat (21/8), pelangi berbentuk aneh ini muncul di daerah South Carolina, Isle of Palms, Amerika Serikat pada hari minggu lalu. Lamanya pelangi ini muncul membuat beberapa warga memfotonya dan mengunggahnya ke media sosial.


Menurut beberapa ilmuwan, fenomena ini sering disebut dengan busur circumhorizontal. Fenomena ini pertama kali muncul pada tahun 2006 di Washington, Amerika Serikat. Pelangi ini hanya bisa muncul di awan cirrus dengan ketinggian sekitar 18.000 kaki. Mereka muncul secara sedikit demi sedikit dan terbuat dari kristal es kecil.


"Untuk menghasilkan warna pelangi, sinar matahari harus memasukkan kristal es pada sudut yang tepat untuk memberikan efek prisma spektrum warna pada ketinggian minimal 58 derajat di atas cakrawala," ujar salah seorang meteorologi, Justin Lock.

Oleh karena itu, pelangi berbentuk sayap burung ini hanya terjadi di tempat-tempat tertentu saja. Kebanyakan di daerah Amerika Serika bagian selatan. Sedangkan untuk negara-negara Eropa jarang mendapatkan fenomena indah ini.

sumur:disini

delima suryani

About delima suryani

hanya ingin berbagi info dan tips kesehatan

Subscribe to this Blog via Email :